isi laman Perkembangbiakan Burung Puyuh | Ngelarang Blog

Media Informasi Dan Solusi Untuk Kita Semua

Perkembangbiakan Burung Puyuh

Jul 16, 2013

Perkembangbiakan Burung Puyuh

lazada
Telur burung puyuh yang mungil sangatlah digemari oleh banyak orang. Pengelolaan telur burung puyuh di dalam dunia kuliner juga sangat beragam dan menggugah selera. Namun suplai telur puyuh tidak akan terpenuhi apabila tidak ada orang yang berternak dan memelihara burung puyuh yang khusus untuk diambil telurnya. Tingginya permintaan pasar terhadap telur burung puyuh membuat budidaya puyuh petelur menjadi satu hal yang menjanjikan untuk dikelola lebih lanjut.

Mempersiapkan Kandang Burung Puyuh

Setiap orang yang berminat untuk menjadi peternak burung puyuh harus bisa menyiapkan satu unit kandang utama yang akan menjadi tempat di mana berbagai kandang burung puyuh ditempatkan. Di dalam cara ternak yang benar harus ada kandang utama ini akan terdapat kandang untuk  puyuh yang sudah siap untuk bertelur dan puyuh yang masih perlu untuk dirawat dan dipelihara hingga siap bertelur. Calon peternak juga perlu untuk memperhatikan tempat yang akan dijadikan tempat pembuangan kotoran burung puyuh agar tidak menjadi sumber bau yang kurang menyenangkan bagi lingkungan sekitar.
Memperhatikan lokasi kandang juga penting untuk diperhatikan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kotoran burung puyuh bisa menjadi masalah bagi lingkungan sekitar karena bau tidak sedap yang ada. Maka dari itu, sangatlah penting untuk bisa memilih lokasi kandang utama burung puyuh jauh dari pemukiman. Selain itu, kandang yang baik untuk digunakan dalam cara budidaya burung puyuh haruslah terjaga suhunya jyaitu berkisar pada 20°C hingga 25°C dengan kelembapan sekitar 30% hingga 80%.
Saluran air dan suplai listrik juga sangat penting untuk diperhatikan. Kandang burung puyuh membutuhkan listrik untuk menyalakan lampu dan menjaga suhu kandang. Di dalam cara beternak burung puyuh yang benar, selama musim penghujan dibutuhkan lampu 25 hingga 40 watt di siang hari dan 40 hingga 60 watt di malam hari. Ukuran dan tata letak untuk kandang juga perlu untuk diperhatikan. Tata letak yang baik sebaiknya mendapatkan sinar matahari pagi untuk mengurangi kelembapan kandang.

Memilih Bibit Burung Puyuh

Hal berikutnya yang dibutuhkan untuk beternak burung puyuh tentu saja adalah burung puyuh itu sendiri. Di dalam beternak, akan ada dua pilihan utama untuk bibit burung puyuh yaitu bibit yang dikembangkan sendiri danibit yang dipesan dari peternak lain. Untuk langkah awal, memesan bibit burung puyuh memang menjadi jalan satu-satunya. Bibit burung puyuh bisa dipesan sesuai dengan umur yang diinginkan oleh peternak. Ada juga alternatif untuk melakukan pembibitan sendiri namun ini hanya bisa dilakukan jika peternakan sudah berjalan dengan baik.