isi laman 5 Usaha Tanpa Modal Uang | Ngelarang Blog

Media Informasi Dan Solusi Untuk Kita Semua

5 Usaha Tanpa Modal Uang

Dec 3, 2014

5 Usaha Tanpa Modal Uang

Saya katakan memang “pantas” dan sudah saatnya meraih kesuksesan sejak usia dini. Zaman dulu kesuksesan identik dengan usia tua. Sepertinya, hanya generasi tualah yang berhak mendapat kesuksesan. Huh, saya benci kenyataan itu ! Anda juga benci, kan ? Oke, kita sepakat. Sekarang kewajiban kita untuk mengubah tradisi sukses di usia tua, insaflah sekarang juga kita dobrak tradisi tersebut. Kita tunjukan jika kesuksesan bisa diraih saat usia masih muda. Anda berani menjadi pengusaha sukses dalam bisnis anda sekarang juga ? Ya Allah, saya berdo’a semoga siapapun yang membaca materi artikel ini guna untuk menambah pengetahuan secara bersama dijodohkan dengan kesuksesan. Jika tidak berjodoh, semoga Allah menjodohkannya, Amin… amin… amin… Akan tetapi , sebelum kita lebih banyak mengupas kesuksesan dalam bisnis, mari kita ketahui lebih dekat terlebih dahulu mengenal tentang makna sebuah kesuksesan.

‘Kesuksesan adalah keadaan mampu memenuhi semua tujuan, cita-cita dan impian. Kesuksesan yang sempurna adalah ketika diri mampu menyeimbangkan antara kesuksesan dunia dan akhirat’

Kesuksesan dunia bisa diraih jika kita berusaha mencapai kebebasan financial dan kesuksesan akhirat bisa ditunaikan dengan banyak berbagi kepada yang membutuhkan, menunaikan ibadah sosial yang sudah dianjurkan oleh-Nya. Nah, apa sih makna kesuksesan menurut anda ? Silahkan mengartikannya menurut versi anda sendiri. Kini saatnya generasi muda harus bisa lebih mandiri, mampu membahagiakan orangtua lebih dini dengan cara menerapakan prinsip-prinsip kesuksesan dalam kehidupannya secepat mungkin dalam memulai kesuksesan membangun sebuah bisnis.

Banyak orang enggan berbisnis dengan alasan tidak punya modal (uang). Jika ini menjadi alasan, maka sampai kapan pun mereka tak akan pernah mulai berbisnis. Padahal, menurut pengamatan saya dan beberapa mitra bisnis, ternyata modal bukanlah kendala utama. Semoga dari pengalaman Inspirator Pengusaha Sukses Muda kita di berbagai media bisa menambah keyakinan Anda bahwa berbisnis tidak harus selalu menggunakan modal. Beberapa tips mindset dan cara strategi yang diterapkan dalam usaha menjalankan bisnis tanpa sebuah modal dengan ilustrasi-ilustrasi sebagai berikut :

Pertama, pelanggan membayar di muka. Apa bisa? Ya bisa. Contoh bagi kalangan mahasiswa, Saat mahasiswa A mengedarkan penawaran pembelian berbagai buku yang diperlukan mahasiswa lainnya. Ada pesan yang ditulis olehnya di selebaran itu: ”Bagi Anda yang melakukan pembayaran di muka mendapat diskon 10 persen”. Ternyata hampir semua pemesan membayar di muka. Dengan uang itulah si A berbelanja buku di Toko Buku dengan diskon 25-30 persen. Tanpa modal, kan?

Kedua, bagi hasil. Jika Anda memiliki ide bisnis yang brilian, tawarkanlah kepada pemodal dengan sistem bagi hasil. Anda bermodal ide dan keahlian, sedangkan pemilik modal menyetor dana yang Anda butuhkan. Tanpa modal, kan?

Ketiga, tawarkan keahlian Anda. Apabila Anda punya keahlian tawarkanlah ke beberapa pelanggan. Uang pembayaran dari pelanggan inilah yang kemudian Anda jadikan modal membesarkan bisnis. Bangunlah sistem dan tim yang solid agar bisnis bisa terus berjalan, sementara Anda bisa sambil pergi jalan-jalan.

’Start small’  Berbisnis itu, tidak harus langsung mulai dari ukuran besar. Justru, ketika Anda memulai dari kecil atau bahkan tanpa mengeluarkan banyak modal, maka resiko yang akan Anda hadapi akan relatif lebih kecil. Lagipula, Anda bisa menikmati prosesnya. Nah Sobat Studentpreneur, bagaimana menurut Anda?

Berikut ini adalah beberapa peluang 5 bisnis yang tidak perlu modal banyak adalah sebagai berikut :

Bisnis Jualan Pulsa
Wah…kalo bisnis yang satu ini kayaknya sudah tidak asing lagi di telinga mahasiswa, dan kayaknya sudah terlalu banyak juga yang jalaninnya. eits…jangan salah sangka dulu bisnis pulsa ini selalu memiliki prospek kok. Asalkan kita tau bagaiman cara mengolah dan menjalankannya sehingga berbeda dengan bisnis pulsa yang lainya dan selalu memiliki pangsa pasar, karena pulsa ini adalah salah satu barang konsumtif yang selalu dibutuhkan saat ini.

Bisnis Jasa Konsultan
Jika Anda tahu banyak tentang beberapa bidang seperti pajak, akutansi, periklanan, public relations, manajemen bisnis, seni, sejarah, atau topik lain yang ingin dipelajari orang, maka sangat mungkin Anda membuka sebuah konsultan independen. Biaya yang Anda perlukan untuk memulai di sini relatif cukup rendah. Karena, Anda bisa memulainya sendirian. Segala paperwork bisa Anda kerjakan di rumah. Tantangannya adalah menemukan orang yang bersedia membayar jasa Anda. Makanya, Anda harus suka networking. Cetak kartu nama. Selain itu, Anda juga bisa membangun spesialisasi Anda secara online dengan menciptakan blog atau artikel tentang opini Anda tentang peristiwa yang sedang happening di industri Anda di sana

Bisnis Membuka Les Private
Jika Anda suka mengajar, mulai bisnis rumahan Anda dengan membuat les siswa dalam bidang keahlian Anda. Anda bisa menjadi guru mereka di rumah mereka, rumah Anda atau di perpustakaan. Hubungi kelompok masyarakat dan sekolah-sekolah lokal untuk mengetahui bagaimana Anda dapat bekerja dengan siswa dan menambah akademis tambahan. Anda juga dapat bergabung dengan jaringan secara online.

Bisnis Laundry Antar Jemput
Emang ada laudry yang modalnya kecil.?? hmmm…laundry yang satu ini bahkan tidak membutuhkan modal. Dibutuhkan hanya keberanian dan tekad kita saja. Caranya begini ajak beberapa orang teman atau saudara kamu kemudian datangi salah satu laundry yang cukup besar dan ajak kerjasama. Team kamu akan mengantar dan mengirimkan pakaian kepada mereka dengan persentase keuntungan yang ditentukan. Banyak kok khususnya masyarakat yang tinggal di perumahan yang malas mengantarkan pakaian kotor mereka sendiri ke laundry, ini bisa jadi peluang buat kamu bisa dimulai dengan membuat brosur laundry tersebut atau bahkan dimulai dengan mendatangi rumah-rumah tersebut satu persatu

Bisnis Menjual Gorengan
Mendengar ini mungkin kebanyakan bagi sebagian kalangan orang atau bahkan mahasiswa jadi gengsi kali ya.?? Tapi saran saya jika ingin memulai menjadi seorang pengusaha yang pertama kali harus di lawan adalah rasa gengsi dan malu dari diri kita sendiri. Termasuk dengan usaha yang satu ini kamu bisa memulai usaha gorengan bahkan dari rumah dan tidak membutuhkan modal yang besar kok. Caranya dimulai dengan mencari buah apa yang paling murah dan banyak di daerah kamu, nah olahan buah itu bisa di buat gorengan dan di pasarkan.

Ada beberapa pertanyaan atau pendapat, ”Wah, cara ini hanya bisa dilakukan untuk bisnis kecil, dong ?” Tidak juga. Banyak yang menjalankan bisnis dengan cara ini dan aset usahanya milyaran rupiah. Syaratnya hanya tiga yaitu ide bisnis yang brilian, keahlian, dan integritas. Bisnis apapun itu jika dilakukan dengan tekun, dan kerja keras, semua usaha itu tidak akan sia-sia. Atur rencana, tingkatkan kualitas bisnis anda, sabar dan telaten, serta fahami kemampuan bisnis anda syaratnya kita hanya sedikit mau capek dan berusaha.

“Kita tidak harus hebat saat memulai, tetapi kita harus memulai untuk menjadi hebat”

sumber : http://zahiraccounting.com